- Sistem stater manual
- Sistem starter elctrik
- Sistem starter pneumatic
Selanjutnya kita akan membahas satu persatu komponen komponen dari motor stater dan fungsinya
Untuk menghasilkan medan magnet pada starter, pada starter tidak digunakan magnet permanen. Melainkan suatu medan magnet yang dii hasilkan melalui arus listrik yang dialirkan melalui kumparan yang di sebut kumparan medan.
Rumah starter (yoke) sebagai tempat mengikatkan sepatu kutub yang dibuat dari besi/logam berbentuk silinder dan sekaligus merupakan rumah anker. Sedangkan sepatu kutub berfungsi untuk menopang kumparan medan dan memperkuat medan magnet yang di timbulkan oleh kumparan medan. Pada umumnya setiap starter mempunyai 4 buah sepatu kutub yang diikatkan pada rumah starter dengan sekrup.
ANKER
Kopling starter (kopling jalan
bebas) berfungsi untuk memindahkan momen puntir dari poros anker ke roda gaya,
dan mencegah pindahnya tenaga gerak motor kestarter apabila motor telah hidup
akibat putaran motor melampaui putaran anker.
Konstruksi kopling jalan bebas terdiri dari beberapa bagian seperti pinion, peluru, ulir memanjang, poros pinion dan tabung penggerak. Kopling jalan bebas semacam ini disebut juga kopling peluru. Kopling peluru di tempatkan di antara pinion dan tabung penggerak. Tabung penggerak disatukan dengan tabung alur ulir memanjang, sedangkan tabung bagian dalam menjadi satu dengan pinion.
LENGAN PENGGERAK
Lengan pengerak berfungsi untuk mendorong gigi pinion kearah berkaitan dan menarik kearah melepas dari roda gaya. Lengan penggerak di rakit menjadi satu dengan pegas pendorong apabila pinion akan berkaitan dengan roda gaya, maka tekanan pegas (2) bertambah besar sehingga kontak dengan terminal utama (3) lebih baik
REM ANKER
Rem anker berfungsi untuk mennghentikan dengan segera putaran
anker untuk memungkinkan dapat distart lagi secepat mungkin.Dua macam
konstruksi rem anker mekanis
Gambar sebelah kiri rem anker terpasang pada bagian belakang anker
dan gambar sebelah kanan terpasang pada rumah kopling bagian depan. Rem anker
mekanis menggunakan tegangan pegas dan plat gesek untuk pengereman.
MAGNETIC SWICTH
Fungsi utama
saklar magnet (saklar magnet) adalah untuk menghubungkan dan melepaskan kopling
jalan bebas dengan roda gaya, dan sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar
ke motor starter melalui terminal utama.
Saklar magnet terdiri dari plat kontak yang dihubungkan dengan
plunyer dan bekerja bersamaan. Seperti pada gambar, plunyer digulung oleh dua
buah gulungan, gulungan bagian dalam dibuat lebih tipis dan disebut kumparan
penarik. Sedangkan gulungan bagian luar lebih tebal dan disebut dengan kumparan
penahan.
Bila kekuatan magnet dari kedua kumparan ini bereaksi dalam arah
yang sama, maka plunyer akan tertarik dan sebaliknya pada saat gaya magnet yang
dihasilkan berlawanan arah maka masing-masing gaya magnet saling menghapuskan
sehingga plunyer akan kembali ke posisi semula dengan bantuan pegas pembalik
(pegas pengembali).
Kumparan penarik dihubungkan ke massa melalui Kumparan medan dan
kumparan anker, sedangkan kumparan penahan, dihubungkan langsung dengan massa.
No comments:
Post a Comment