24 September 2024

SIKLUS PRAKTEK PENINGKATAN KINERJA

MENJALANKAN SIKLUS PRAKTIK PENINGKATAN KINERJA

Pada Siklus Praktik Peningkatan Kinerja (SPPK) adalah suatu prosesberkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran danpengajaran. Siklus ini melibatkan beberapa tahapan yang saling terkait, mulaidari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

 

Tahap : Perencanaan 

Menetapkan Tujuan Pembelajaran:

Tentukan Tujuan Pembelajaran (TP) yang ingin dicapai siswa.

Buatlah tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai,relevan, dan berjangka waktu (SMART).

 Contoh:

Pada akhir pembelajaran, siswa diharapkan dapat menuliskan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf kapital dan tanda bacayang benar.

 

Menganalisis Kebutuhan Siswa:

Lakukan asesmen awal untuk mengetahui pengetahuan danketerampilan awal siswa. Identifikasi kesulitan belajar yang sering dialami siswa.

Contoh:

Melalui tes awal, diketahui bahwa sebagian besar siswakesulitan membedakan huruf besar dan kecil.

 

Memilih Model Pembelajaran:

Pilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dankarakteristik siswa.

Pertimbangkan sumber daya yang tersedia.

Contoh:

Memilih model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkankemampuan siswa dalam berkolaborasi.

 

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

Susun RPP secara detail, meliputi kegiatan pendahuluan, inti, danpenutup.

Sertakan penilaian formatif untuk memantau perkembangan siswa.

Contoh:

Menyiapkan berbagai macam media pembelajaran sepertigambar, video, dan permainan untuk menarik minat siswa.


 Tahap 2: Pelaksanaan 

Melaksanakan Pembelajaran:

Implementasikan RPP sesuai dengan rencana. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif.

Contoh:

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya danberdiskusi.

Melakukan Pengamatan:

Amati proses pembelajaran secara langsung atau melalui rekaman video.

Perhatikan interaksi guru-siswa, aktivitas siswa, dan penggunaan mediapembelajaran.

Contoh:

Mengamati apakah siswa aktif berpartisipasi dalam diskusikelompok.

 

Tahap 3: Refleksi

Menganalisis Data:

Kumpulkan data hasil pembelajaran, seperti hasil tes, catatan observasi,dan tanggapan siswa.

Analisis data untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalamproses pembelajaran.

Contoh:

Membandingkan hasil tes awal dan akhir untuk melihatpeningkatan kemampuan siswa.

 

Merefleksi Praktik:

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan

Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan ataukegagalan pembelajaran.

Contoh:

Menilai apakah model pembelajaran yang dipilih efektif dalammencapai tujuan pembelajaran.

 

Tahap 4: Tindak Lanjut 

Merencanakan Perbaikan

Buatlah rencana perbaikan berdasarkan hasil refleksi. Fokus pada aspek-aspek yang perlu ditingkatkan.

Contoh:

Merencanakan untuk memberikan lebih banyak latihan soaluntuk memperkuat pemahaman siswa

 

Melaksanakan Perbaikan:

Implementasikan rencana perbaikan pada siklus pembelajaranberikutnya. Lakukan penyesuaian RPP sesuai dengan kebutuhan.

Contoh:

Mengubah strategi pembelajaran dengan menambahkanelemen permainan untuk meningkatkan motivasi siswa.

Kolaborasi:

Berdiskusi dengan rekan guru atau pengawas untuk mendapatkanmasukan.

Refleksi Berkala:

Lakukan refleksi secara berkala untuk memantauperkembangan.

Manfaatkan Teknologi:

Gunakan platform PMM untuk memudahkan dalammengelola SPPK.

No comments: