18 July 2020

PRINSIP KERJA MESIN PEMBAKARAN DALAM

Pada kesempatan ini kita akan sedikit membahas tentang cara kerja dari mesin pembakaran dalam, atau istilah tekniknya internal combustion engine.





Gambar di atas adalah diagram kerja dari mesin 4 langkah. Adapun setiap langkah kerja akan dijelaskan sebagai berikut :

  • LANGKAH HISAP. Pada saat langkah hisap, piston bergerak dari TMA (titik mati atas) menuju ke TMB. pada saat itu katup masuk membuka, sehingga campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar.
  • LANGKAH KOMPRESI. Pada langkah ini piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) menuju ke TMA. Kedua katup memnutup, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang tadi dimasukkan pada saat langkah hisap dikompresikan.
  • LANGKAH USAHA. Pada akhir langkah kompresi busi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresikan tadi, Karen pembakaran ini menghasilakn tekanan, maka tekanan ini diteruskan ke pisto, dan mendorong piston untuk turun menuju titik mati bawah. Tenaga yang diterima piston diteruskan oleh connecting rod dan dirubah menjadi gerak putar oleh crankshaft yang nantinya melalui mekanisme powertrain menggerakkan roda roda.
  • LANGKAH PEMBUANGAN. Pada saat ini piston bergerak dari TMB menuju ke TMA. sambil mendorong gas sisa pembakaran, katup buang membuka, sehingga gas sisa pembakaran dapat didorong keluar.




Demikian uga pada mesin diesel. prinsip kerjannya sam, akan tetapi pada saat langkah hisap mesin diesel hanya memasukkan udara murni dan pembakaran terjadi karena adannya semprotan solar ke dalam ruang bakar yang telah berisi udara yang dikompresikan.



PRINSIP KERJA MOTOR 2 LANGKAH





Materi selengkapnya bisa dilihat di : http://www.mediafire.com/file/ckap4t41gbfou9z/DASAR_ENGINE_1.docx/file

No comments: