17 July 2020

KOMPONEN DAN JENIS JENIS MESIN PEMBAKARAN DALAM

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dasar dasar atau prinsip dasar dari mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Meliputi jenis, komponen dan cara kerjannya.

KOMPONEN UTAMA MESIN BENSIN

Sebuah mesin bensin memiliki beberapa komponen utama. Komponen utama mesin 4 tak dan 2 tak hanya berbeda pada katupnya saja, untuk mesin 4 langkah memiliki katup buang dan hisap, sedangkan mesin 2 langkah tidak memiliki katup (sebenarnya memiliki tetapi dalam bentuk yang berbeda).



Komponen utama mesin bensin terdiri dari :

  • Camshaft atau dalam bahasa sehari hari kita sebut sebagai nokenas (berasal dari bahasa belanda sebenarnya). camshaft ini berfungsi sebagai pembuka katup, tonjolan pada camshaft menentukan kapan katup membuka dan menutup. Ketinggian tonjolan camshat ini juga menentukan seberapa lama dan lebar katup membuka. Camshaft dimiliki oleh motor 4 tak. mesin 2 tak tidak menggunakan camshaft.
  • Rocker arm, atau orang mengenal dengan nama temlar. Dalam proses membuka katup camshaft dibantu oleh temlar, atau rocker arm. Pada mesin yang lebih modern sekarang ini rocker arm tidak banyak dipakai, karena banyak mesin sudah menerapkan dimana camshaft langsung membuka katup tanpa perantara. untuk jelasnya akan kita lihat pada jenis jenis mekanisme katup.
  • Valve spring / pegas katup. pegas katup / valve spring pada engine 4 langkah ada yang memiliki 2 buah valve spring ada juga yang hanya memiliki 1 buah valve spring. Fungis dari valve spring ini adalah yang pertama supaya katup dapat menutup dengan rapat, yang kedua valve spring juga berfungsi agar katup segera menutup kembali setelah membuka
  • Valve / katup. valve / katup berfungsi untuk membuka dan menutup sa;uran masuk dan saluran pembuangan. Pada sepeda motor 2 langkah, piston juga berfungsi sebagai katup. Bahakan pada beberapa type engine sepeda motor ada yang sengaja dipasangkan katup, misalnya pada honda NSR 150 R, yang sistemnya disebut dengan RC Vallve, kawasaki ninja RR, yang sistemnya disebut dengan KIPP
  • Piston. ada 4 fungsi dari piston ; yang pertama menghisap campuran bahan bakar dan udara, yang kedua mengkompresikan campuran bahan bakar dan udara yang sudah masuk ke ruang bakar, yang ke tiga piston berfungsi menerima tenaga hasil pembakaran, dan yang ke empat piston berfungsi membuang gas sisa pembakaran agar keluar dari ruang bakar
  • Ring Piston. pada engine 4 langkah terdapat 3 buah piston ring, yaitu 2 buah ring kompresi dan 1 buah ring oli. Pada engine 2 langkah hanya ada 2 buah biah piston ring, yaitu ring kompresi. Fungsi dari piston ring adalah untuk merapatkan piston dan dinding silinder.
  • Connecting Rod, atau dalam bahasa sehari hari kita menyebut dengan stang seher. Berfungsi meneruskan tenaga dari piston ke crankshaft. Juga berfungsi menghubungkan crankshaft dengan piston.
  • Crangkshaft. Merubah gerak translasi pada piston menjadi gerak putar

JENIS JENIS MESIN MENURUT MEKANISME KATUPNYA

OVER HEAD VALVE (OHV)




Katup di kepala silinder ( Over Head Valve )

·       Katupnya menggantung

·       Cam shaft terletak di bawah

·       Katupnya di kepala silinder

 Keuntungan

·       Bentuk ruang bakar baik

 Kerugian

Banyak bagian-bagian yang bergerak ë kelembaman massa besar ë tidak ideal untuk putaran tinggi


OVERHEAD CAMSHAFT (OHC)



Satu camshaft di kepala ( Over Head Camshaft )

·       Cam shaft langsung menggerakkan  tuas katup

 

Keuntungan

·       Sedikit bagian-bagian yang bergerak

·       Kelembaman massa kecil, baik untuk putaran tinggi

 Kerugian

·       Konstruksi motor menjadi tinggi ( ada mekanisme tuas ayun )


DOUBLE OVERHEAD CAMSHAFT




Dua camshaft di kepala ( Double Over Head Camsaft )

·       Kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk.

Keuntungan

·       Bentuk ruang bakar baik

·       Susunan katup-katup menguntungkan ( bentuk V )

·       Kelembaman massa paling kecil, baik untuk putaran tinggi

Kerugian

·      Konsrtuksi mahal, lebih berat

·      Penyetelan celah katup lebih sulit


SIDE VALVE





Katup di samping ( Side Valve )

·       Katup berdiri

·       Poros kam terletak di bawah

·       Katup di samping blok motor

 Keuntungan

·       Tidak berisik

·       Konstruksi sederhana

·       Tinggi motor menjadi pendek

 Kerugian

·       Bentuk ruang bakar kurang menguntungkan

·       Penyetelan celah katup sulit




  JENIS ENGINE MENURUT PERBANDINGAN PANJANG LANGKAH & DIAMETER SILINDER




JENIS MESIN BERDASARKAN SUSUNAN SILINDERNYA

MESIN SEBARIS / INLINE


MESIN V


MESIN HORISONTAL

No comments: