SOAL SUSPENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (BERBAGAI SUMBER)
A. Pilihlah Jawaban yang paling benar !
1.
Berfungsi
untuk memperbesar momen putar poros adalah…
a. Poros utama d. Adjusting Tube
b. Pitman Arm e. Gigi kemudi
c. Tie rod
2.
Mekanisme
penyetelan kolom kemudi secara vertical disebut…
a. Tilt steering d. Batang luncur jenis jala
b. Telescopic
steering e. Collapsible
c. Batang luncur
jenis bok
3.
Pada
saat terjadi tabrakan/tumbukan, pipa telescop akan meluncur dan menyebabkan
mantel mengerut. Hal ini terjadi pada….
a. Tilt steering d. Batang luncur jenis jala
b. Telescopic
steering e. Collapsible
c. Batang luncur
jenis bok
4.
Fungsi
dari pros sector adalah
a.
Menyetel
kerenganggan celah kontak
b.
Menggeser
mur kemudi
c.
Meneruskan
putaran dan merubahnya menjadi gerak ayun pada pitman arm
d.
Meneruskan
gerakan dari relai rod ke tie rod
e.
Menopang
kedudukan relay rod
5.
Fungsi
dari idle arm adalah
a.
Menyetel
kerenganggan celah kontak
b.
Menggeser
mur kemudi
c.
Meneruskan
putaran dan merubahnya menjadi gerak ayun pada pitman arm
d.
Meneruskan
gerakan dari relai rod ke tie rod
e.
Menopang
kedudukan relay rod
6.
Type
roda kemudi yang momennya kecil adalah..
a. Segi empat d. Bulat kecil
b. Segi tiga e. Elip
c. Bulat besar
7.
Berfungsi
menghubungkan tie rod di sebelah kanan dan sebelah kiri adalah….
a. Push rod d. Knuckle arm
b. Relay rod e. Roda gigi
c. Pitman arm
Gambar berikut untuk
nomor 8 sampai 9
8.
Steering
gear box ditunjukkan pada nomor
a. 2 c. 3 e. 6
b. 4 d. 5
9.
Yang
berperan menggerakkan rotor pompa dengan bantuan V belt adalah …
a. 2 c. 3 e. 6
b. 4 d. 5
10.
Berapa
beratnya roda kemudi saat kendaraan normal..
a. 5,6 Kg c. 1 – 1.5 Kg e. 5 Kg
b. 6 Kg d. 2 – 4 Kg
B.
Petunjuk !
A.
Jika
pernyataan 1 benar, pernyataan 2 benar dan ada hubungan sebab akibat
B.
Jika
pernyataan 1 benar, pernyataan 2 benar dan tidak ada hubungan sebab akibat
C.
Jika
pernyataan 1 benar, pernyataan 2 salah
D.
Jika
pernyataan 1 salah, pernyataan 2 benar
E.
Jika
pernyataan 1 salah, pernyataan 2 salah
11.
Sistem
kemudi berfungsi untuk merubah arah kendaraan
Sebab
Berbeloknya roda
depan menyebabkan arah kendaraan berubah
12.
Kolom
kemudi berfungsi untuk meneruskan putaran dari roda kemudi
Sebab
Di dalam kolom kemudi
terdapat poros utama
13.
Telescopic
steering adalah mekanisme penyetelan panjang pendeknya poros utama
Sebab
Setiap kendaraan
dilengkapi mekanisme telescopic steering untuk memudahkan pengemudi secara
ergonomic
14.
Pitman
arm meneruskan gerakan ke sambungan kemudi
Sebab
Kemudi type rack and
pinion tidak memiliki pitman arm
15.
Drag
link menghubungkan pitman arm dengan steering knucle arm
Sebab
Drag link dipasang
pada sambungan kemudi kendaraan bersuspensi independent
16.
Jika
pinion berputar ke kiri, maka roda berbelok ke kiri
Sebab
Rack mengeser ke
kanan, jika pinion berputar ke kiri
17.
Kedudukan
bola-bola baja pada gigi kemudi type bola bersirkulasi adalah sebagai elemen
gelinding
Sebab
Roda gigi sector
berputar sehingga menyebabkan bola-bola baja meringankan pergeseran mur kemudi
18.
Jika
roda gigi sector dinaikkan ke atas, maka celah kontak semakin rapat
Sebab
Celah kontak adalah
celah antara roda gigi sector dengan roda gigi mur kemudi
19.
Bentuk
geometris sambungan kemudi sumbu parallel disebut juga prinsip ackerman janteau
Sebab
Pada sumbu parallel
sudut belok roda kanan dan kiri tidak sama
20.
Bentuk
geometris sambungan kemudi sumbu king pin menyebabkan ban cepat aus
Sebab
Sudut belok roda
kanan dan kiri yang sama menyebabkan roda menyeret pada saat dibelokkan
21.
Power
steering type integral menggunakan gigi kemudi type bola bersirkulasi
Sebab
Katup pengontrol
berada di dalam gear housing dan terpisah dari power silinder
22.
Putaran
dari poros intermediate diteruskan ke torsion shaft dan ke pinion, kemudian
diteruskan lagi ke katup pengontrol
Sebab
Minyak power steering
yang masuk di atur arah dan tekanannya di katup pengontrol
23.
Tekanan
minyak pada power silinder akan mendorong silinder akan mendorong piston kearah
yang tekanannya lebih rendah
Sebab
Banyaknya minyak yang
kembali ke pompa adalah sebayak minyak yang dipindahkan oleh piston
24.
Knucle
arm menghubungkan tie rod dengan roda
Sebab
Dengan diteruskannya
gerakan ayun ke tie rod oleh knucle arm ke roda, roda dapat dibelokkan
25.
Roda
kemudi type bulat besar membuat tenaga putar menjadi ringan
Sebab
Diameter yang besar
mengahasilkan momen yang besar meskipun gaya
yang dikeluarkan sama
C. Jawablah Pertanyaan berikut ini dengan benar dan jelas !
1.
a.
Sebutkan fungsi kolom kemudi!
b.
Jelaskan
keuntungan dan kerugian kolom kemudi type collapsible dan non collapsible
2.
Sebutkan
komponen-komponen gigi kemudi type bola bersirkulasi dan terangkan cara
kerjanya !
3.
Gambarkan
bentuk geometris sambungan kemudi sumbu trapezium dan jelaskan maksud dari
gambar tersebut !
4.
Apa
perbedaan sambungan kemudi yang terpasang pada kendaraan beraxle rigid dengan
sambungan kemudi yang dipasang pada kendaraan ber axle independent !
5.
Apa
fungsi power steering dan sebutkan komponen-komponen power steering beserta
fungsi komponen tersebut
6.
Uraikan
cara kerja power steering type rack and pinion berdasarkan aliran fluidanya !
7.
Uraikan
cara kerja power steering type integral dengan menggunakan bagan dari roda
kemudi diputar sampai roda berbelok!
8.
Suatu
mobil pada saat kemudi digerakkan lurus cenderung berjalan ke arah kiri
a.
apa
penyebab dari kondisi tersebut
b.
bagaimana
mengatasi kondisi tersebut
9.
Bagaimana
pendapatmu jika system power steering pada kendaraan tidak dapat bekerja !
10.
a.
Apa yang dimaksud dengan EPS?
b. Bagaimana Prinsip
Kerja EPS?
No comments:
Post a Comment