18 January 2014

ALARM : MOBIL TIDAK BISA DISTART


Penah mengalami mobil tidak respon sama sekali ketika di start ? padahal perasaan tidak melakukan apa apa pada mobil.

Jangankan mesin yang berputar, stater aja gak mau jalan.
Saya pernah mengalami, pertama kali pada mobil Panther LS, milik kantor. terlanjur bongkar sana sini, staternya tetep saya tidak mau berputar.

Dicek tidak ada arus yang ke stater dari kunci kontak, diurut sampai belakang kok nyambungnya kealarm ?, mulai kecurigaan muncul, jangan jangan alarm nya yang masalah.

Iseng iseng saya tutup semua pintu dan jendela, saya keluar dari mobil kemudian coba memainkan alarmnya, lock, unlock. Terdengar bunyi tak lazim pada alarm, kalau lock mestinya ada satu beeb, kalau unlock ada dua beeb. ini tidak kok ada 3 beeb.

Saya ulangi lagi melakukan hal yang sama LOCK, UNLOCK, sampai 4 kali. Lalu saya masuk ke kabin dan........ ternyata bisa distart mobilnya.

peristiwa semacam ini ada saya yang mengalami, terbukti setelah peristiwa itu saya menyelesaiakn 5 masalah mobil dengan trouble yang sama.

Hal semacam itu bisa terjadi karena :

  1. Mengunci pintu dengan alarm, tetapi membukanya dengan kunci biasa
  2. Meninggalkan kunci didalam kabin, kemudian alarm akan auto lock, trus kita masuk ke kabin dan langsung start. biasanya ini ditandai dengan lapu hazart yang berkedip lama, jika alarmnya silent.
  3. Karena keperluan tertentu, mobil yang sedang diparkir posisi lock di unlock dengan alarm, kemudian tidak di lock lagi, pintu di buka berulang ulang (untuk mainan anak anak biasanya)
Nah jika mengalami seperti itu, jangan panik dulu, ada langkahnya :
  1. Kunci semua pintu, dan jendela, kap mesin
  2. tekan tombol lock dan unlock dengan jeda sekitar 5 detik
  3. ulangi sampai 4 kali
  4. setelah itu coba start mesin
untuk lebih detainya tentar alarm berikut link donwload untuk mengatasi problem pada alarm



No comments: