21 August 2013

Mitsubishi Pamer Mobil Listrik di Senayan

Mitsubishi Pamer Mobil Listrik di Senayan
Rista Rama Dhany - detikOtomotif

Jakarta - Mitsubishi memamerkan mobil listrik i-MiEV di Jakarta Convention Center (JCC). Produsen mobil asal Jepang itu masih merahasiakan harga mobil listrik tersebut.

Jika publik diberi tahu berapa harga mobil tersebut maka tidak banyak orang yang mau membeli.

"Mobil listrik MiEV ini di Jepang dan Eropa sudah terjual 60.000 unit, saat ini masih lihat pasar di Indonesia," kata Adam pihak promosi dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, ditemui di Jakarta Convention Center, Rabu (21/8/2013).

Dikatakan Adam, namun saat ini belum dijual di Indonesia dan harganya pun masih belum boleh diungkapkan.

"Alasannya, kalau orang tahu berapa harga mobil listrik ini, orang tidak akan mau beli, karena masih mahal sekali," ujar Adam.

Di Jepang mobil ini banyak peminatnya, karena Pemerintah Jepang konsen terhadap hemat energi.

"Pemerintah Jepang memberikan subsidi terhadap harga mobil listrik ini, tidak hanya itu Pemerintah Daerah Jepang juga memberikan subsidi lagi, sehingga misalnya harga mobil listrik Rp 1 juta disubsidi pemerintah pusat Jepang 50%nya, kemudian sama Pemda didiskon lagi 50%, sehingga harga mobilnya hanya sekitar Rp 250.000 saja," ungkap Adam.

Hal yang sama mungkin bisa dilakukan oleh Indonesia, jika ingin mobil listrik berkembang di Indonesia.

"Kalau tidak ada keringanan pajak, pembangunan infrastruktur seperti pembangunan statiun pengisian mobil listrik, akan sulit mobil listrik berkembang," tandasnya.

Jika melihat dari STNK-nya, mobil ini masuk kategori Micro/Minibus, dengan bea balik nama sebesar Rp 70,2 juta, pajak tahunan Rp 10,53 juta, SWDKLJJ Rp 143.000, biaya administrasi STNK dan TNKB masing-masing Rp 75.000 dan Rp 50.000. Pajaknya memang masih mahal!

liliksuhariyonoi

No comments: