27 Januari 2011

Toyota Kembangkan Safety Connect, Berkendara Makin Aman!
Cukup satu tombol untuk berkendara yang aman
Jakarta - Niat Toyota untuk membuat konsumennya selalu merasa aman saat berkendara dibuktikan dengan kehadiran teknologi Toyota Safety Connect. Teknologi yang memungkinkan pertukaran informasi seputar kendaraan.

Bekerja dengan memanfaatkan selular dan GPS yang sudah ditanam di sistem ini, Safety Connect akan mengirim sinyal bahaya jika airbag mengembang atau saat terjadi benturan sangat keras pada mobil.

Sinyal itu berisi infomasi identitas mobil dan lokasi mobil saat itu yang diterima Respons Center. Petugas di Respon Center akan menelepon pengemudi untuk mengetahui kondisinya. Jika pengemudi tidak bisa berkomunikasi, dianggap terjadi kecelakaan serius.

Kemudian dengan menggunakan data GPS yang menunjukkan lokasi mobil, petugas Respons Center akan menghubungi Polisi atau Ambulan terdekat untuk memberikan bantuan secepatnya. Ini yang disebut Automatic Collision Notification.

Safety Connect ini juga bisa menghubungi Response Center dengan hanya menekan satu tombol. Namanya layanan Emergency Assistance Button (SOS). Lewat layanan ini, konsumen bisa mengkomunikasikan situasi darurat yang dihadapi.

Tombol SOS juga bisa dipakai untuk memperoleh layanan Roadaside Asisstance jika ada masalah mobil di jalanan, termasuk jika kehabisan bensin atau harus ganti ban.

Masih satu paket, ada juga fitur Stolen Vehicle Location (SVL) untuk membantu jika mobilnya di curi. Mereka bisa mengetahui posisi mobilnya lewat sinyal GPS.

Tentu sangat membantu bila benar-benar sudah diterapkan. Namun sejauh ini, belum ada keterangan resmi kapan Toyota Astra Motor, sebagai produsen mobil Toyota di Indonesia akan mulai menerapkan teknologi ini. (mobil.otomotifnet.com)

1 komentar: